Bakar Kalori Tanpa Olahraga

Padatnya jadwal harian Anda seringkali membuat aktivitas berolahraga tak tercantum dalam agenda. Pekerjaan menumpuk atau jalanan macet kerap menjadi alasan Anda tak pernah mampir ke gym. Tapi, tahukah Anda, ada banyak  aktivitas rutin yang bisa dimanfaatkan sebagai bentuk kegiatan olahraga. Kegiatan itu pun dapat sekaligus membakar kalori 200-300 kalori sehari. Otomatis, berat badan juga bisa menyusut. Apa saja aktivitas itu?

Naik tangga
61 kalori per 10 menit
Jangan lagi tergantung pada lift atau escalator, baik di kantor atau tempat umum, bila Anda hanya ingin naik ke lantai 4, 3, apalagi 2. Berjalan melewati tangga dapat mengencangkan otot paha, betis, juga bokong. Jika Anda bisa bergerak lebih cepat atau setengah berlari, kegiatan ini bahkan dapat mengencangkan otot pinggang. Jika rumah Anda bertingkat, biasakan pula turun-naik sendiri untuk mengambil barang yang dibutuhkan daripada menyuruh pembantu.

Jalan-jalan di mall
35 kalori per 10 menit
Ternyata, ajang cuci mata di mal bisa juga membakar kalori. Berjalan-jalan di mal yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, siapa sangka cukup efektif. Dengan kecepatan sedang, ajang menjelajahi mal dapat melatih otot paha dan betis, tangan, serta perut bagian atas.

Mengangkat barang belanjaan
31 kalori per 10 menit
Menggantungkan plastik  berisi belanjaan di bagian lengan dapat melatih otot punggung, tangan, dan pinggang. Sedangkan menjinjing tas belanjaan dapat melatih otot bahu, lengan, dan betis. Jadi, saat berbelanja di pasar swalayan, lupakan kereta dorong, tapi gunakan keranjang tangan. Nah, setelah selesai belanja, bila barang belanjaan hanya sekitar 2-3 kantong, keluarkan dari troly, dan jinjinglah dengan tangan menuju parkiran.

Memakai vacum cleaner
23 kalori per 10 menit
Aktivitas ini lebih banyak melatih otot tangan, terutama lengan bagian atas. Dengan sesekali membungkuk, otot bagian pinggang juga ikut terlatih. Gerakan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan kedua tangan. Bersihkan satu area dengan gerakan maju mundur sebanyak 3-5 kali. Usahakan agar tubuh tidak terlalu membungkuk.

Menyetrika pakaian
17 kalori per 10 menit

Menyetrika secara intensif dapat mengencangkan lengan serta melatih keseimbangan tangan kiri dan kanan. Alat setrika dapat menjadi beban latihan  ketika menyetrika dalam posisi berdiri. Menyetrika pakaian dapat melatih otot lengan dan punggung. Untuk mencegah rasa nyeri pada punggung, gunakanlah salah satu kaki sebagai tumpuan secara bergantian.

Memasak
23 kalori per 10 menit

Jumlah kalori yang dibakar ini dihitung mulai dari kegiatan menyiapkan bahan-bahan makanan, seperti mencuci, mengiris-iris, menghaluskan bumbu dengan ulekan, hingga memasak. Memasak dalam posisi berdiri akan melatih otot lengan dan kaki, sedangkan dalam posisi duduk, hanya melatih otot pergelangan tangan. Makin banyak porsi makanan yang disiapkan, makin besar kalori yang dibakar (karena persiapan akan lebih lama sehingga Anda lebih banyak bergerak).

Mencuci piring
15 kalori per 10 menit
Cobalah mencuci sendiri piring makan Anda, piring bekas menyimpan lauk, dan peralatan makan lainnya. Mencuci sambil berdiri dapat melatih otot lengan atas dan bahu. Sebaiknya lakukan gerakan dengan intensitas tinggi (cukup bertenaga). Tentu saja ini tidak sulit, sebab terkadang Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menghilangkan noda minyak atau kotoran yang mengeras di wajan.

Berkebun
63 kalori per 10 menit
Daripada menugaskan tukang kebun untuk  menata taman, akan lebih menyenangkan jika sesekali Anda sendiri yang turun tangan menanganinya. Kegiatan berkebun, seperti memangkas tanaman, merapikan pot, menanam bunga, menyiram tanaman, dan memberi pupuk bisa menjadi kegiatan relaksasi. Sekaligus efektif untuk membakar kalori. Berkebun yang dikerjakan dengan posisi duduk (memangkas tanaman, memupuk, dan sejenisnya) dapat melatih otot pinggang dan punggung. Sedangkan dengan posisi jongkok yang berulang-ulang juga dapat melatih otot bagian paha.

Membersihkan kaca
30 kalori per 10 menit
Lakukan gerakan memutar secara bergantian dengan tangan kanan dan kiri untuk melatih otot lengan. Gerakan secara horizontal dan vertikal yang dilakukan masing-masing 5 kali dan tiap gerakan diulang 3 ulangan juga dapat melatih otot tangan. Membersihkan kaca dalam posisi kaki berjinjit dapat mengencangkan otot betis dan paha. Membersihkan kaca sambil menggapai jangkauan yang tinggi dapat mengencangkan otot punggung dan tangan.  Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan lap tanpa gagang atau bergagang pendek.

Mencuci mobil
64 kalori per 10 menit
Mengguyur mobil dengan air sama seperti pemanasan di awal latihan senam. Menggosok mobil dengan sabun dapat melatih otot punggung dan lengan. Menyikat ban dengan posisi jongkok dapat melatih otot paha dan  betis. Sedangkan mengeringkan mobil dengan lap, selain melatih otot pinggang juga bermanfaat mengencangkan otot lengan.

Sebelum membakar kalori…
Untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan, dalam satu hari Anda hanya boleh:
• Membakar maksimal 300 kalori. Lebih dari itu akan mengurangi stamina sehingga daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit akan menurun.

• Anda tetap harus mengonsumsi makanan, minimal 1.200 kalori. (sarapan 300 kalori, makan siang 500, dan makan malam 400 kalori)

~ oleh gabott pada Oktober 19, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: