Tips cara mencegah bau badan

Bau badan tak sedap adalah aib bagi setiap orang. Bayangkan rasa malu jika saat kita lewat, banyak orang mengernyitkan bahkan menutup hidung karena aroma tak menyenangkan dari tubuh kita.

Orang yang memiliki masalah bau badan atau bromidrosis sering dianggap jorok karena tak pernah mandi. Padahal, masalah bau badan bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab
Timbulnya bau badan berawal dari keringat yang keluar dari pori-pori tubuh. Keringat tersebut dihasilkan oleh kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin yang ada sejak bayi memproduksi keringat bening dan tidak berbau, yang biasanya muncul di tangan, punggung dan dahi.

Sedangkan kelenjar apokrin yang aktif setelah masa pubertas terdapat di daerah perakaran rambut, seperti misalnya ketiak. Sebenarnya keringat yang mengandung air, garam, dan sisa metabolisme tubuh tidak berbau. Namun di setiap akar rambut terdapat bakteri anaerob yang berfungsi dalam proses pembusukan. Bakteri inilah yang membuat keringat menjadi berbau.

Selain keringat, bau badan juga dipicu oleh:

– Makanan
Bahan makanan berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, petai, jengkol, dan daging kambing bisa memicu timbulnya bau badan. Buah-buahan seperti durian juga lebih baik dihindari jika tak ingin badan berbau tak sedap. Selain makanan, minuman seperti kopi pun merangsang timbulnya bau badan.

– Kegemukan
Kegemukan membuat produksi keringat makin banyak. Selain itu, lipatan kulit juga makin banyak, sehingga bakteri kian berkembang.

– Pakaian
Bahan pakaian yang kurang nyaman bisa membuat produksi minyak makin banyak, kulit kurang oksigen sehingga bakteri berkembang bebas. Pilih bahan pakaian berbahan katun yang menyerap keringat. Selalu kenakan pakaian bersih. Pakaian kotor adalah sarang bakteri dan kuman.

Faktor lain yang menyebabkan bau badan adalah rokok, minuman beralkohol, faktor keturunan, faktor psikis dan penyakit.

Cara mengatasi

Agar tubuh bebas bau badan, Anda harus rajin membersihkan tubuh dengan mandi. Sebaiknya cukup rambut di ketiak dan area lainnya supaya tak menjadi sarang bakteri. Gunakan deodoran untuk mencegah keringat berlebih. Tapi pilih deodoran yang aman bagi kulit dan tak menimbulkan iritasi. Sebagai sentuhan akhir, semprotkan parfum agar aroma tubuh lebih wangi.

Selain perawatan dari luar, bau badan juga harus diusir dari dalam. Anda bisa mengatasi bau badan dengan ramuan tradisional. Bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun sangat praktis.

Daun sirih

Ambil 5 lembar daun sirih. Rebus dengan dua gelas air. Minum air rebusannya setiap pagi. Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi.

Kunyit

Ambil kunyit secukupnya, kupas kulitnya, lalu cuci bersih. Parut kunyit, ambil sarinya. Campur air perasan kunyit dengan segelas air hangat. Minum setiap malam menjelang tidur.

Daun kemangi

Ambil satu tangkai daun kemangi, siangi dan cuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air. Minum hangat-hangat setiap pagi.

~ oleh gabott pada Desember 1, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: