Cegah Pencurian Data dengan Hapus History

hapus_jejak

Pencurian data-data atau informasi pribadi lewat komputer dan internet saat ini sudah menjadi bisnis sendiri. Banyak orang yang mencari data pribadi kita yang kadang sifatnya sangat rahasia untuk mereka manfaatkan dengan berbagai tujuan. Tapi setidaknya, kita bisa sedikit mengurangi kecolongan dengan satu langkah mudah yang kadang sering kita lewatkan. Apalagi kalau komputer yang biasa kita gunakan sering dipakai secara bersama-sama dengan orang lain.

Cara paling sederhana untuk melindungi data pribadi kita adalah dengan menghapus password yang tersimpan di browser dan jejak rekam kita ketika menjelajah internet.

Kalau Anda menggunakan browser Internet Explorer 7, caranya adalah:
– Klik Tools > Internet Options
– Di di tab General pada menu yang muncul, klik Delete di bagian Browsing history
– Untuk membersihkan semua password yang pernah Anda ketikkan saat login ke website tertentu, atau data yang pernah anda isikan ke form di suatu website misalnya, klik saja di masing-masing tombol yang ada. Atau kalau Anda ingin menghapus jejak Anda sebelumnya, tekan saja Delete all.

Kalau Firefox adalah browser Anda, caranya adalah seperti ini:
– Klik Tools > Options lalu icon Privacy
– Di samping opsi Saved Passwords, klik tombol Clear lalu OK. Setelah itu semua password yang disimpan oleh browser akan dihapus.

Kalau Anda menggunakan browser Opera 9.6 caranya adalah:
– Klik Tools > Delete Private Data
– Di menu yang muncul, klik Delete. Atau kalau Anda ingin lebih spesifik dalam menghapus rekaman browser, klik Detailed Options. Setelah itu beri centang di boks apa saja yang ingin Anda hapus. Kalau sudah, klik Delete.

Menyimpan data pribadi kadang sangat bermanfaat ketika Anda sering mengunjungi situs favorit yang membutuhkan Anda memasukkan user ID dan passoword. Ketika Anda mengisi form pendaftaran di situs, atau forum misalnya, kalau Anda pernah mengisi form serupa di situs lain Anda akan terbantu dengan fitur dari browser tersebut. Tetapi ini juga yang jadi masalah. Kalau yang menggunakan komputer tersebut adalah orang lain, repot urusannya.

~ oleh gabott pada Mei 27, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: