Virus Ponsel

handphoneVirus telepon genggam memang tidak ‘seganas’ virus komputer.  Tapi, tahukah Anda ponsel kesayangan Anda bisa menjadi ‘rumah yang nyaman’ untuk bakteri dan virus penyakit?

Menurut penelitian, ponsel adalah pembawa virus infeksi terbesar di rumah sakit. Karena itulah, sudah banyak rumah sakit yang meminta para pengunjung untuk mensterilisasi gadget miliknya dengan tisu basah khusus sebelum memasuki ruang-ruangan steril, seperti UGD atau ruangan bayi.

Dan, yang tidak mengejutkan, saat menelepon pasti kita melakukan kontak langung dengan ponsel tanpa memikirikan seberapa bersih telepon genggam tersebut. Bahkan, saat sakit pun, ponsel seperti tak pernah lepas dari tangan Anda atau terus menempel di telinga. Yang perlu Anda tahu, saku baju dan suhu panas tubuh Anda adalah lingkungan yang nyaman untuk perkembangan mikroorganisme.

Peneliti dari Universitas Ondokuz Mayis University, Turki, menguji 200 buah ponsel milik staf di Universitas atau orang awam yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasilnya, peneliti menemukan bakteri dan virus penyakit di setiap sudut, lekukan, dan sisi semua ponsel tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda. Caranya, dengan secara rutin membersihkan ponsel Anda dengan tisu yang mengandung alkohol.

Selain itu, gunakan bluetooth headset saat menelepon untuk mengurangi kontak langsung dengan ponsel Anda.  Tapi, pastikan Anda membersihkan ponsel sama hal dengan membersihkan keyboard komputer Anda.

~ oleh gabott pada Juli 4, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: